Mengapa Gempa Tuban Dampaknya Sangat Luas, Terasa di Bali sampai Garut

Tekno

Gempa dengan magnitudo (M) 6,6 mengguncang Tuban, Jawa Timur dan pusat gempa berada di kedalaman 63 kilometer.

Laporan BMKG menyebutkan bahwa gempa Tuban terjadi pada Jumat, 14 April 2023 dengan tiitik koordinat gempa adalah 6,27 lintang selatan dan 111,93 bujur timur.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, menyebutkan baha gempa ini termasuk dalam jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa.

Gempa Beruntun dari Sesar Cirebon Pagi Ini, Simak Kata dan Data BMKG Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur menyebut gempa Tuban terasa hingga 28 daerah lainnya.

Beberapa daerah yang melaporkan dampak gempa di antaranya, Jember, Banyuwangi, Sidoarjo, Tulungagung, Ponorogo, Trenggalek, Sampang, Magetan, Madiun, Gresik, Kota Pasuruan, Kota Batu dan Surabaya.

Tak hanya Jawa Timur, wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Barat dikabarkan juga merasakan gempa ini.

“Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Kuta, Bali dengan skala intensitas V MMI.

Sedangkan, di Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram dengan skala intensitas IV MMI,” kata Daryono dalam keterangan resminya.

Selain itu, Kepala Stasiun Geofisika Malang Mamuri, menyatakan baha gempa ini akibat aktivitas subduksi sehingga dampaknya dapat dirasakan secara luas di wilayah Jawa dan Bali.

Prediksi Cuaca Hari Ini, Ada Hujan dan Petir juga Siaga Bencana “Posisinya cukup dalam sekitar 632 km, maka dampaknya dirasakan cukup luas,” kata Mamuri, dilansir dari Antara.

Walau gempa dirasakan cukup kencang dan getaran dirasakan di banyak wilayah, belum ada laporan terkait kerusakan bangunan akibat gempa ini.

Namun, BMKG tetap mengimbau supaya masyarakat tetap waspada dan siaga terhadap adanya ancaman gempa susulan.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh is-isu yang tidak dapat dipertanggungjaabkan kebenarannya,” tulis BMKG.

Gempa Tuban ini berpusat di 68 kilometer arah barat laut Kota Tuban, Jawa Timur.

Lokasi tepatnya berada di 6.29 Lintang Selatan, 111.92 Bujur Timur di kedalaman 632 kilometer.

Gempa terjadi pada pukul 16.55.

BMKG menyatakan gempa yang berpusat di daerah Tuban tidak berpotensi tsunami.

Pemicu gempa laut dalam ini adalah aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa.

“Hingga pukul 17.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” kata Daryono.

“Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung dalam rumah goyang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur Gatot Seobroto.

EIBEN HEIZIER I M.

ROOSENO AJI Pilihan Editor: BMKG: Gempa dari Laut Utara Tuban Berkekuatan M6,9

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *