Hilirisasi Tambang Kunci Utama Pertumbuhan Ekonomi 2024

Bisnis

Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyampaikan tiga faktor peluang ekonomi Indonesia tahun 2024 tumbuh lebih baik.

Pertama adalah berlanjutnya program-program hilirisasi tambang.

“Dengan adanya 37 smelter nikel yang sedang beroperasi saat ini, 39 smelter dalam tahap pembangunan, dan 35 smelter dalam tahap perencanaan,” kata dia dikutip dari akun instagram @suharsomonoarfa, Jakarta, Jumat, 24 Februari 2023.

Selanjutnya, terdapat dua perusahaan smelter tembaga yang akan mulai berproduksi pada tahun 2024, yakni PT Amman dan PT Freeport, serta dua perusahaan lainnya yang sudah berproduksi pada tahun 2023.

Disamping itu, pemerintah telah melakukan peningkatan kapasitas input smelter bauksit sebesar satu juta ton pada tahun 2024.

Dorong Hilirisasi Agar RI Bisa ‘Naik Kelas’, Luhut: Mengapa WTO Memaksa Kami Ekspor Mineral? Untuk faktor kedua adalah pemulihan target pariwisata dengan target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2023 sebesar 8,9 juta orang dan 9,5-14,3 juta.

“(Begitu pula) nilai devisa pariwisata pada 2023 ditargetkan sebesar 2,07 – 5,95 miliar dolar AS dan tahun 2024 ditargetkan sebesar 7,38 – 13,08 miliar dolar AS,” ucap Menteri Bappenas.

Adapun faktor terakhir adalah dukungan pembangunan infrastruktur untuk 21 kawasan prioritas pada tahun 2024 yang meliputi Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Danau Toba dan Pulau Nias di Sumatera Utara, Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat, Pulau Enggano dan Pusat Kegiatan Nasional di Bengkulu, Wilayah Batam-Bintan di Kepulauan Riau, Rebana di Jawa Barat, Kedungsepur di Jawa Tengah, lalu Gerbangkertosusila Plus dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Ijen-Baluran di Jawa Timur.

“Kawasan prioritas lainnya meliputi Selingkar Wilis di Jawa Timur, KSPN Nusa Penida dan KSPN Ubud/Ulapan di Bali, DPP Sambas-Singkawang di Kalimantan Barat, Food Estate Sumba Tengah di Nusa Tenggara Timur, KI (Kawasan Industri) Morowali di Sulawesi Tengah, KI Konawe di Sulawesi Tenggara, KI Pulau Obi dan KI Teluk Weda di Maluku Utara, dan Food Estate Keerom di Papua,” ungkap Suharso.

Jokowi Sebut Kepemimpinan Ibarat Tongkat Estafet dan Bukan Meteran Pom Bensin, Apa Maksudnya? Pilihan Editor: Intip Gaji Pejabat Pajak yang Anaknya Tersangka Pengeroyokan, Bisa Beli Harley dan Rubicon? Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *